Webometrics dan Unirank Rilis Peringkat Universitas, Kampus di Sumatera Utara Masih Perlu Perhatian Khusus

Grahanusantara.co.id, Medan – Rilis terbaru di tahun 2022 dari dua lembaga pemeringkatan  universitas atau perguruan tinggi di dunia yakni Webometrics dan Unirank. Dua lembaga ini punya penilaian tersendiri serta kualifikasi penilaian yang berbeda. Saat ini untuk skala nasional Universitas Indonesia masih menjadi yang paling terbaikdi Indonesia berdasarkan dari Webometrics dan Unirank untuk skala internasional UI (Universitas Indonesia) berada pada posisi 603, untuk bisa bersaing lebih dengan Perguruan Tinggi yang ada di dunia UI harus mencapai target-target kualifikasi penilaian yang dibuat 2 lembaga pemeringkatan  universitas.

Bergeser sedikit ke Sumatera Utara, bahwa kampus USU yang berada di Ibu Kota Provinsi Kota Medan, USU masih menjadi yang masih bisa diunggulkan dari pada perguruan tinggi lainnya, akan tetapi yang sedikit miris melihatnya. USU hanya bisa berada di 30 besar USU belum mampu menembus 20 besar versi Webometrics USU di posisi 29 sedangkan versi Unirank berada di posisi 27.

Melihat kondisi ini, idealnya USU harus masuk di posisi 15 peringkat universitas karena  USU berada di kota besar ketiga di Indonesia yakni Kota Medan. Berdasarkan hasil dari Webometrics dan Unirank ini, harus menjadi pehatian khsusus seluruh civitas akademika dan para Rektor yang ada di perguruan tinggi di Sumatera Utara, begitu juga halnya dengan para aktivis mahasiswa, pemerhati pendidikan, lembaga dan organisasi pendidikan, dan dewan pendidikan Sumatera Utara yang ditunjuk Gubernur. Jika di analisa lebih mendalam siapa sebenarnya yang harus di salahkan dengan kondisi ini, padahal setiap perguruan tinggi negeri khususnya mempunyai SDM yang mumpuni, profesional, dan kapabel serta mempunyai kekuatan finansial karena di dukung oleh pemerintah untuk memperbaiki pendidikan, secara sarana dan pra sarana.

Lain pula dengan UIN Sumatera Utara yang notabenya kampus atau perguruan tinggi berbasis atau berlatar belakang Islam. Seyogyanya UIN Sumatera Utara merupakan harapan terbesar seluruh masyarakat Sumatera Utara untuk menjadi perguruan tinggi yang dapat meraih dan menembus posisi terbaik, paling minim dapat menembus 30 besar poisinya. Akan tetapi harapan-harapan itu masih jauh dari yang diinginkan publik, bahkan sampai saat ini jika diperhatikan dari Vesri Webometrics UIN Sumatera Utara berada di posisi 269 tidak bisa menembus 100 peringkat utama serta masih kalah jauh dari IAIN Padang Sidempuan (sekarang sudah berubah nama menjadi UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan) posisi 142. Jika dilihat dari versi Unirank UIN Sumatera Utara di posisi 93 dan berhasil masuk 100 besar, akan tetapi UIN Sumatera Utara masih kalah dari perguruan tinggi swasta yakni UMSU (Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara) yang juga notabenenya kampus berbasis Islam.

Jika diperhatikan dan dianalisa lebih mendalam UIN Sumatera Utara menurun secara SDM dan lain-lainnya sehingga tidak mampu untuk mencapai yang terbaik atau asumsi sementara rektor sebagai leading sektor kepemimpinan tidak mampu mendorong seluruh civitas akademika untuk lebih berkompetisi untuk menaikkan rangking UIN Sumatera Utara di lembaga pemeringkatan  universitas, atau bahkan SDM civitas akademika di jajaran kampus UIN Sumatera Utara yang sedang terdegradasi secara mental sehingga tidak mampu memenuhi standat penilaian yang telah dibuat oleh Webometrics dan Unirank. Padahal UIN Sumatera Utara mempunya misi untuk menjadikan kampus tersebut menjadi World Class Univesity.

Untuk saat ini ada pengobat hati publik Sumatera Utara, bahwa dua kampus swasta bisa mendapatkan posisi yang cukup bagus diperingkat Webometrics yakni UMA (universitas Medan Area) posisi di peringakat 77 dan UPU (Universitas Potensi Utama) posisinya di urutan 115 dan versi Unirank UMA (universitas Medan Area) posisi 39 sedangkan UPU di peringkat 147. Yang menarik untuk dibahas yakni UPU kampus yang kita analogikan seperti dalam sepakbola yaitu tim medioker, akan tetapi secara perlahan membenahi seluruh infrastuktur yang ada fisik maupun nonfisik sehingga mulai bisa memposisikan diri sebagai kampus yang setaraf dengan kampus USU. Sangat kita apresiasi kinerja dari Rektor dan seluruh civitas akademika dan mudah-mudahan kedepan UPU dapat meraih yang terbaik dikemudian hari.

Dengan demikian seluruh perguruan tinggi yang ada di Sumatera Utara harus saling berkompetisi menjadi yang terbaik agar Sumatera Utara lebih harum namanya secara nasional dan internasional.

Komentar