Jayapura Papua Alami Gempa M 4,8

Graha Nusantara, Jakarta – Gempa mengguncang wilayah Jayapura, Papua dengan kekuatan magnitudo (M) 4,8. Gempa itu berpusat di laut.

BMKG menyampaikan gempa berlangsung Jumat (7/6/2024), pukul 05.00 WIB. Gempa terjadi pada kedalaman 10 kilometer.

“Hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M 4,8, berlokasi di laut pada jarak 179 Km Tenggara Jayapura, Papua,” ujar Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Daryono, pada keterangannya.

Episenter gempa berada di koordinat 2,79 lintang selatan (LS) dan 142,27 bujur timur (BT). Kekuatan gempa dirasakan di daerah Kota Jayapura dengan skala intensitas II MMI atau getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

“Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa ini tidak berpotensi tsunami,” sambung Daryono.

Dirinya turut menerangkan gempa itu adalah jenis gempa dangkal karena terdapat subduksi utara Papua. “Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat adanya aktivitas subduksi utara Papua. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan naik,” tambahnya.