PBAK PGMI UIN SU, Ketua Prodi Nirwana: Ucapkan Syukur Prodi PGMI Menjadi Prodi yang Paling Banyak Diminati di Tahun Ajaran 2024/2025

Grahanusantara.co.id, Medan – Memasuki Tahun ajaran baru tahun akademik 2024-2025 Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU) Medan melakukan Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) bagi mahasiswa baru prodi PGMI dengan total peserta kegiatan 291 mahasiswa baru. Jumlah ini menjadi jumlah terbanyak Bukan hanya di Lingkungan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) namun Universitas juga.

Dr. Nirwana, M.Pd sebagai Ketua Program Studi juga menyampaikan bahwa Pada tahun ini PGMI menjadi prodi paling diminati yaitu, pada jalur SPAN PTKIN dan UMPTKIN di UIN-SU Medan.

“Saya berharap mahasiswa PGMI harus bisa menjalankan Visi-Misi PGMI sendiri yaitu, menjadi guru professional yang mandiri dalam menjalankan segala kegiatan proses belajar-mengajar,” tegasnya.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Sekretaris Prodi Bapak Safran, M.Pd bahwa sangat mengapresiasi semangat mahasiswa baru.

“Ambil dan ikutilah kesempatan yang ada dengan sebaik mungkin, berbangga hati boleh tapi tidak untuk menyombongkan diri dan harus selalu bersyukur atas segala kemampuan yang dimiliki serta kesempatan menjadi mahasiswa dipergunakan dengan sebaik-baiknya,” Imbuhnya.

Selain itu Ibu Enni Endayani, M.Pd memberikan arahan bagi mahasiswa baru untuk mengisi dan menginput data diri dalam portlasia yang bisa diakses di https://portalsia.uinsu.ac.id/. Portal ini dikenal sebagai Portal Akademik UIN Sumatera Utara. Ini juga merupakan platform yang dirancang untuk menyediakan layanan informasi akademik bagi para pengguna di UIN Sumatera Utara.

“Portal ini dibangun dengan tujuan utama untuk memudahkan pengguna dalam melakukan kegiatan administrasi akademik perkuliahan secara online di lingkungan kampus UIN Sumatera Utara,” terangnya.

Kegiatan PBAK di Lingkup Prodi PGMI diisi dengan Kegiatan sharing pengalaman dengan beberapa alumni diantaranya penyampaian materi Motivasi dan Peluang Kerja, oleh Dr. Eka Yusnaldi, M.Pd.

“PGMI bukan hanya memiliki akreditasi Unggul namun sudah meluluskan para alumni dan alhamdulillah sudah diterima dibanyak Instansi pemerintah daerah. Hal inilah yang menjadikan PGMI UINSU Medan selalu eksis dan banyak diminati oleh para calon mahasiswa baru,” jelasnya.

Perwakilan mahasiswa menyatakan hari ini sangat seru dan senang bisa berkenalan dengan dosen serta kakak tingkat yang ramah, enak juga diadakan di ruangan tidak panas-panasan”, tutur Anggita, salah satu Maba perempuan pada PBAK Prodi PGMI.

Hal senada juga di sampaikan Rifazt Ridho, salah satu Mahasiswa Baru Laki-laki. “Saya menikmati rangkaian pbak dihari terakhir ini. Mendapat teman baru, kenal dengan senior dan dosen serta menambah keakraban sesama mahasiswa baru PGMI,” tukasnya.