Pakan Hewani untuk Ayam Murah dengan Kandungan Nutrisinya

Grahanusantara.co.id – Bagi peternak ayam memangkas harga pangan ternak merupakan hal yang sangat diutamakan, karena semakin murah pakan maka peternak akan mendapatkan untung yang besar pula.

Berikut ini adalah pakan ternak hewani untuk ayam yang murah dan mudah untuk dijumpai, serta memiliki kandungan-kandungan yang baik untuk ayam:

Tepung Ikan

Tepung ikan termasuk jenis pakan yang mempunyai sumber protein tertinggi sehingga menjadi sumber protein paling baik untuk dikonsumsi ayam kampung super. Kandungan protein pada tepung ikan sekitar 60 – 70 %. Tepung ikan termasuk mudah dicerna dan mempunyai rasa yang enak ( palatabilitas tinggi) sehingga ayam tidak mengalami kesulitan saat memakan ransum yang dicampur dengan tepung ikan.

Sedangkan bila menggunakan bahan ikan kecil-kecil yang mempunyai banyak tulang maka kandungan protein sekitar 50-55%. Disamping itu tepung ikan mengandung kalsium dan fosfor yang tinggi. Penggunaan tepung ikan berkisar 5-15 % dari jumlah total pakan. Bila melebihi 20% maka daging ayam dan telur ayam akan beraroma ikan.

Tepung Daging dan Tulangnya

Tepung daging berasal dari sisa pemotongan daging yang berukuran kecil dengan tulang. Kandungan tepung daging yang dicampur dengan tulang mempunyai kandungan protein sebesar lebih dari 50%, kalsium mengandung lebih dari 10% dan fosfor sekitar 5%. Sedangkan kandungan energi metabolisme dan asam amino cukup rendah. Untuk maksimal penggunaan dalam pakan ternak sekitar 8-9%.

Tepung Udang 

Tepung udang merupakan bahan pakan alternatif yang memiliki kandungan protein yang cukup tinggi, berkisar 43-47%.  Pada umumnya tepung udang berasal dari limbah industri udang, kulitas gizi pada tepung udang tergantung pada baguian tubuh udang yang digiling.

Tepung Kerang 

Tepung kerang merupakan sumber calsium dengan kandungan hampir 36%. Peternak dapat memanfaat tepung kerang yang kaya akan kalsium ini sebagai sumber calsium. Ketersediaan tepung kerang pun masih banyak dan banyak ditemukan serta harganya yang terjangkau dan relatif murah.

Bekicot

Bekicot merupakan bahan pakan hewani yang mudah diperoleh serta mudah diperkembangbiakan. Dalam pemberiannya ke ayam kampung super peternak dapat memberikan bekicot dalam keadaan basah, kering serta tepung. Kandungan bekicot memiliki kandungan protein dalam bentuk basah 54,39%, dalam bentuk kering 64,13% dan dalam bentuk tepung 24,80%. Selain dagingnya, cangkang bekicot juga digunakan sebagai penganti tepung kapur.