Nanas Sebabkan Keguguran? Simak Kebenarannya Disini!

Grahanusantara.co.id – Anda pasti pernah mendengar kalau nanas bisa menyebabkan keguguran jika dikonsumsi saat hamil muda dan menyebabkan kelahiran prematur bila dikonsumsi pada usia kehamilan lanjut. Sayangnya, informasi ini hanya mitos belaka.

Melansir dari Healthline, tidak ada bukti ilmiah yang mendukung bahwa nanas berbahaya selama kehamilan. Nanas memang mengandung bromelain, sejenis enzim yang mampu memecah protein dalam tubuh dan menyebabkan perdarahan abnormal.

Meskipun bromelain ditemukan dalam inti nanas, sebenarnya kandungan bromelain dalam nanas tergolong sangat sedikit. Jumlah bromelain dalam satu porsi nanas kemungkinan tidak akan memengaruhi kehamilan. Intinya, jika buah ini dikonsumsi sewajarnya tentu tidak akan mengganggu kehamilan. Kalaupun dikonsumsi dalam jumlah banyak, ibu mungkin bisa mengalami masalah pencernaan. 

Asam dalam nanas dapat menyebabkan mulas atau refluks. Untuk menghindari efek samping tersebut, sebaiknya konsumsi nanas secukupnya saja. Bagi beberapa orang, nanas juga bisa menyebabkan alergi. Alergi ditandai dengan gatal, pembengkakan, timbulnya ruam, hidung tersumbat atau meler. Reaksi alergi ini biasanya akan terjadi dalam beberapa menit setelah makan nanas. Kalau ibu mengalami alergi setelah makan nanas, sebaiknya hentikan konsumsinya.