HD Selaraskan  Antara Pembangunan Bidang Fisik dengan Pembangunan Mental Spiritual

PALEMBANG – Pembangunan  disegala bidang yang terus dgencar dilakukan Pemerintah Provinsi Sumatera Serlatan bukan hannya terbatas pada bangunan fisik saja namun juga harus diselaraskan dengan terabangunnya  mental spiritual bagi segenap warga Sumsel.

“Kegiatan safari jumat seperti ini   sudah saya lakukan sejak 2005 lalu saat masih menjabat Bupati OKU Timur. Ini penting kita lakukan karena pembangunan itu tidak cukup hannya bangunan fisik saja namun juga harus diikuti dengan pembangunan mental spiritual tentunya melalui kegiatan keagamaan,” diungkap Gubernur H. Herman Deru ketika  ketika melakukan safari jumatnya sekaligus peletakan batu pertama tanda dimulainya pengerjaan pembangunan  Masjid Darul Hijrah Jalan Lingkar Istana, Demang Lebar Daun Palembang, Jumat (08/01/21).

Herman Deru menambahkan, pembangunan fisik dalam bentuk infrastruktur terus gencar dilakukan Pemerintah Sumsel. Namun tidak mengesampingkan pembangunan nilai-nilai  spiritual masyarakat. Salah satunya dengan tindakan menjaga marwah dan kehormatan Islam melalui tindakan yang sesuai dengan syariat. Disisi lain Safari Jumat sudah memberikan efek positif bagi dirinya. Karena selain sebagai wadah silahturahmi juga menjadi wadah menyerap aspirasi masyarakat.

“Saat ini hampir tidak ada lagi kita temukan masyarakat yang meminta sumbangan pembangunan masjid di pinggir jalan. Kita berharap kegiatan seperti ini tidak ada lagi di Sumsel. Keberadaan masjid juga jangan hannya tempat sholat saja namun harus ada aktivitas TPA/TPQ syukur-sykur kalau ada rumah Tahfidz-nya,” ujarnya. 

Semantara itu, Ustadz Fauzan Yayan dalam khotbahnya  mengajak jemaah untuk senantiasanya meningkatkan iman dan ketaqwaan kepada Allah Subhanahu Wata Ala. Terutama diawal tahun 2021 ini jadikan sebagai ajang  intropeksi diri. Dia juga menyinggung program safari Jumat yang digagas Gubernur Herman Deru patut diapresiasi sebagai menjadi sarana yang tepat dalam meningkatkan keimanan dan nilai spiritual umat Islam di Sumsel.

“Ini program yang sangat baik, berpihak pada umat Islam dan memberikan semangat kepada masyarakat untuk melaksanakan ibadah dan meningkatkan spiritual agama masyarakat. Kota do’akan Bapak Gubernur Herman Deru tetap diberikan kesehatan oleh Allah Subhanahu Wata Ala,” ucapnya.

Dilain pihak  Ketua RT 52, Kelurahan Demang Lebar Daun, Kecamatan Ilir Barat I, Palembang, Filhan Sarfawi mengucapkan terimakasih kepada Gubernur Sumsel, H Herman Deru yang telah menyempakan diri untuk melakukan safari Jumat di Masjid Darul Hijrah Komplek Lingkar Istana. 

“Sebelumnya kita hanya memiliki musholla Al-Adlin dengan kapasitas yang kecil sekali, sehingga masyarakat sepakat merubahnya menjadi Masjid engan bangunan baru namanya  Masjid Darul Hijrah,” ujarnya. 

Dijelaskannya, kondisi Musholla Al-Adlin selama ini sudah tidak bisa menampung jumlah jemaah yang hendak melaksanakan ibadah, terutama saat hari besar umat Islam. 

“Kalau hari jumat kita pasang tenda begitu juga saat sholat Iedul Fitri dan Iedul Adha. Dengan dibangunnya masjid ini kita tidak perlu lagi memasang tenda saat beribadah,” ucapnya. 

Filhan mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang terlibat menjadi donatur dalam pembangunan masjid yang direncanakan dua lantai tersebut. 

“Estimasi anggaran yang kita butuhkan dalam pembangunan masjid ini sebesar Rp2.9 miliar lebih. Sekali lagi terimakasih kepada pada Pak Gubernur dan para donatur yang telah membantu,” imbuhnya.